A Little Confession

Pada suatu hari, ada seorang anak yang berpikir bahwa hidupnya biasa-biasa saja. Tidak ada kejutan, tidak pernah terlibat drama (hanya drama remaja SMP yang sebenarnya tidak perlu jadi drama). Keseluruhan dia merasa hidupnya begitu saja adanya. Datar.

Satu batu sandungan sempat dia alami ketika terjebak di antara dua pilihan terbesar semasa hidupnya. Tapi dia berhasil melewatinya. Dia merasa itu salah satu keputusan terbesar yang pernah dia buat bahkan lebih besar dari ketika memutuskan memilih jurusan kuliah apa. Tapi itu bukan masalah besar, karena masalah sesungguhnya ia alami justru terjadi di momen krusial perjalanan pendidikannya.

Be careful with what you wish for.

You’re expecting life full with drama? Okay, you’ll get it. Now you get it but then you complain? What’s wrong with you, human?

Mungkin itu teguran untuk anak tersebut. Atau memang saat itulah ia baru ditunjukkan masalah yang sebenarnya, ketika ia sudah siap.

Berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan hingga akhirnya ia lulus kuliah, masalah menghantui anak itu. Ya, hidup anak itu kini tidak lagi datar. Perasaannya bahkan bergejolak dan campur aduk, berbeda-beda setiap harinya. Terkadang menangis, terkadang tertawa. Hingga tiba peristiwa di mana ia merasa tidak percaya dengan jalan hidupnya yang berubah seketika: orangtuanya bercerai.

Semua diakhiri dengan baik. Well, terlihat baik. Tapi ia merasa tetap dirinya baik-baik saja. Ia masih bisa bertahan. She’s not broken. Bahkan ia merasa keluarganya tidak “rusak” parah. Ia masih bisa tertawa lepas, masih bisa melihat sisi positifnya.

Tapi semua hal tidak bisa langsung terjadi begitu saja. Semua butuh proses, bahkan untuk menyembuhkan sakit hati. It’s not easy. Never easy. But she’s learning to accept it. Even until now. She is me.

I’m from broken family, but I’m not broken.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s