Mini Library for A Book Lovers? Yes, Please!

Memiliki perpustakaan pribadi adalah mimpi semua pencinta buku. Buat gue, perpustakaan mini atau perpustakaan kecil yang ditempatkan di kamar tidur adalah anugerah sekaligus racun. Anugerah karena bikin betah, tapi racun juga kalau terlalu betah. You will barely see me even at my own house.

Kalau bermodal pas-pasan dan malas mendekor “perpustakaan cantik”, menyimpan buku-buku di rak pun sudah bisa jadi perpustakaan kecil yang rapi. Tapi memiliki perpustakaan kecil dengan desain yang menarik pastinya membuat pemandangan di rumah jadi lebih nyaman.

Bagi kita para pencinta buku, melihat buku-buku yang dijejer rapi aja kayaknya sudah senang banget. Baca buku juga bisa lebih semangat-dan mungkin bisa baca buku seharian. Kalau melihat perpustakaan mini seperti yang di atas pun sebenarnya desain raknya biasa. Tapi posisinya yang benar-benar khusus dengan sofa empuk dan jendela besar dengan pemandangan pepohonan bikin kelihatan nyaman banget. Trees and books are matched couples for me.

Membuat perpustakaan mini juga membuat kita mudah menemukan dan merawat buku. Gue punya rak built-in di kamar, tapi itu pun kecil dan nggak cukup menampung buku-buku gue. Akhirnya mereka yang nggak beruntung terpaksa gue simpan rapat-rapat di boks dan sebagian lagi gue taruh di atas lemari. Lemari baju gue cuma terdiri dari tiga laci jadi bagian atasnya yang kosong gue alih fungsikan menjadi meja serbaguna, termasuk menaruh buku-buku.

How I take care of my books?

Sebenarnya gue nggak tahu cara yang benar untuk merawat buku. Apalagi mencegah buku menguning, karena itu nggak mungkin juga, kan? Gue justru suka sih karena terlihat vintage. Anyway, gue cuma membersihkan rak dan bukunya dari debu mungkin sebulan sekali atau ketika sudah mulai banyak debu.

Iya, saya malas orangnya :(. Gue alergi debu. Karena itu bersih-bersih adalah hal yang paling nggak gue suka. Gue bisa bersin-bersin dan gatal-gatal setiap membersihkan seluruh area kamar tidur. I’m a neat person but I hate dust.

Untuk sehari-hari memang bukan gue yang membersihkan kamar, tapi ada saatnya gue membersihkan kamar tidur sendiri, termasuk membersihkan rak buku.

21be98a97210cbfaad43478217d45083

Okay, if I have a big house…./via HGTV

Sebenarnya melihat perpustakaan macam ini gue suka banget, tapi gimana cara merawatnya ya? Gue membersihkan buku-buku yang jumlahnya nggak begitu banyak pun sudah buat gue bersin-bersin dan pegal linu. Ya, memang seharusnya rutin dibersihkan supaya nggak banyak debu, tapi gue nggak sempat dan nggak mau menyuruh orang lain membersihkan. Justru gue nggak suka barang-barang gue dipindahkan karena harus gue yang tahu di mana letak-letaknya.

Tapi kalau dapat rezeki bisa membuat perpustakaan mini di rumah, siapa yang nolak? Urusan bagaimana cara membersihkannya belakangan asalkan punya perpustakaan mini idaman :D.

f78b1c26f6d8d063dc5045b4f7234867

Perpustakaan mini yang nggak terlalu mini./via Pinterest

Seandainya nggak bisa membuat perpustakaan mini seperti itu pun asalkan bisa didekor dengan menarik atau diatur dengan rapi dan bersih kita tetap bisa memiliki perpustakaan mini yang nyaman dan menarik mata.

7055c47e4497ecd543211a55dfd8ebab

I really love this!/via Pinterest

Seperti dua contoh perpustakaan mini ini, keduanya simpel aja. Yang satu digabung dengan ruang keluarga. Yang membuatnya terlihat nyaman dan menarik mata adalah tata letak buku-bukunya dan penerangan temaram di rak yang membuatnya terkesan klasik. Sementara yang satu lagi cuma ditambah lampu hias! Jadi kelihatan makin menarik ya?

Since this is still a dream, I think I have to collect more book first.

“Some girls dream of a big walk-in closet in their bedroom. I’d prefer a walk-in library in mine.” -Anonymous

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s